Penyebab Mobil Limbung

Pernahkan Anda merasakan mobil Anda limbung dalam perjalanan? Jika hal ini terjadi, artinya terdapat beberapa masalah pada mobil yang harus segera ditangani. Pasalnya, mobil yang limbung saat dikendarai jelas tidak aman. Oleh karena itulah Anda harus segera membawa mobil ke bengkel ketika hal ini terjadi.

Mobil yang limbung dapat terjadi karena beberapa hal. Penyebab mobil limbung di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tekanan Angin Ban Kurang

Salah satu hal yang menyebabkan mobil limbung adalah tekanan angin ban yang kurang. Selain berfungsi sebagai bagian yang membuat mobil dapat bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ban juga ikut berperan dalam menahan beban atau bobot mobil.

Oleh karena itulah jika tekanan angin ban kurang, gerakan mobil pun akan menjadi lebih lambat karena daya cengkram mobil saat berjalan ikut terpengaruh. Hal ini akan membuat ban kesulitan mengatur keseimbangan mobil. Akibatnya, mobil pun akan terasa limbung saat dikendarai.

  1. Shock Absorber Lemah

Shock absorber yang lemah juga dapat menjadi penyebab mobil terasa limbung saat dikendarai. Pasalnya, shock absorber adalah komponen yang berperan untuk meredam serta mengurangi getaran atau ayunan ketika mobil melalui medan yang tidak rata atau rusak.

Ketika shock absorber rusak, maka getaran yang timbul ketika mobil melalui medan yang rusak dan tidak rata menjadi cukup kuat. Mobil juga akan terasa berayun dan limbung ketika hal ini terjadi sehingga keamanan berkendara menjadi berkurang.

Karena hal inilah Anda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin dan menyeluruh pada mobil paling tidak 2 bulan sekali.

  1. Suspensi Mengalami Deformasi

Sistem suspensi merupakan sistem yang berperan dalam menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil sekalipun pada medan atau jalanan yang tidak rata.

Namun, seiring dengan usia penggunaan mobil, sistem suspensi ini dapat mengalami deformasi atau perubahan bentuk, terutama jika Anda sering menggunakan mobil untuk melalui jalanan yang tidak rata dan rusak, misalnya shock absorber rusak, atau stabilizer ban yang tertekuk.

Ketika hal ini terjadi, mobil dapat terasa limbung saat dikendarai akibat terjadinya perubahan pada sistem kemudi. Oleh karena itulah Anda perlu melakukan perbaikan agar mobil kembali pada performa maksimalnya dan nyaman digunakan.

  1. Karet Suspensi Rusak

Pada sistem suspensi mobil, terdapat komponen yang terbuat dari material karet yang berperan sebagai peredam getaran ketika mobil melalui jalanan yang tidak rata. Karet suspensi ini sifatnya kenyal dan lentur sehingga dapat meredam getaran dengan baik.

Namun, karet juga memiliki batas usia dan dapat pecah atau getas seiring usia penggunaan. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem kemudi seperti caster dan sudut chamber. Akibatnya, mobil pun menjadi limbung dan berbahaya ketika digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin sehingga dapat segera mengganti karet suspensi ketika komponen mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku pada komponen lain yang dapat menyebabkan mobil limbung.

Dengan mengetahui tentang penyebab mobil limbung, Anda dapat menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, jika Anda belum tahu apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah mobil limbung, Anda dapat mencarinya di kursusmekanikmobil.net.

Ini karena kursusmekanikmobil.net menyediakan berbagai informasi tentang mesin mobil serta permasalahan dan solusinya bagi siapa saja yang ingin belajar.

Penyebab Mobil Limbung
Scroll to top