6 Daftar Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, banyak orang ingin menjadi mahasiswa dan berkuliah di UGM. Termasuk adanya jurusan favorit yang banyak peminat sehingga susah dimasuki.

Meski begitu, ada jurusan di UGM yang cenderung jarang diminati justru menjadi peluang dan strategi masuk ke kampus UGM jika kamu ingin mendaftar. Namun bukan berarti sepi peminat prospek kerjanya menjadi tidak baik ya, justru bisa sebaliknya.

6 Daftar Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Berikut ini merupakan daftar jurusan di UGM yang mudah untuk dimasuki:

1. Ilmu Arkeologi

Jurusan Ilmu Arkeologi mempelajari sejarah terutama tentang peradaban kuno, ketika masyarakat sebelum mengenal huruf dan angka, dan catatan terkait masa lalu. Tidak main-main, prospek kerja yang dijanjikan jurusan ini juga tak kalah keren dengan jurusan favorit lain seperti Arkeolog, PNS

Jurnalis, Guru/Dosen, pengelola museum, peneliti, Pejabat Pemerintahan, dan sebagainya.

ย 2. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan di UGM yang mudah dimasuki selanjutnya Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Jurusan ini mempelajari pemahaman tentang masyarakat desa, untuk menyelesaikan permasalahan pertanian, ekonomi dan sosial dengan pendekatan tertentu.

Mata kuliah di jurusan iniย  mirip dengan jurusan Ilmu Komunikasi, namun perbedaanya terletak pada konsentrasi yang mengarah pada penyelesaian masalah pertanian. Para lulusannya bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan, perkebunan di suatu perusahaan, pengajar ilmu agrikultur, dan lain sebagainya.

3. Geofisika

Jurusan Geofisika mempelajari tentang suatu gejala alam, seperti materi dalam lingkup ruang dan waktu. Selain itu jurusan ini juga mempelajari sifat materi diberbagai bidang, seperti submikroskopis yang membentuk materi hingga perilaku alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Dalam prakteknya ilmu geofisika ikut berkontribusi dalam perkembangan teknologi, kedokteran, rekayasa, kimia industri, hingga komunikasi.

Lulusan dari Ilmu Geofisika bisa bekerja sebagai PNS, Guru/ Dosen, bekerja di, BMKG perusahaan migas, perusahaan manufaktur dan telekomunikasi, tenaga ahli prakiraan cuaca, serta bekerja di bidang pertambangan dan gas.

4. Budidaya Perairan

Jurusan di UGM yang mudah dimasuki berikutnya adalah Budidaya Perairan atau Akuakultur. Jurusan mempelajari ilmu pengembangbiakan biota air laut maupun air tawar dan pemeliharaan hingga penangkarannya.

Ilmu yang dipelajari di jurusan Budidaya Perarian ini tidak terbatas pada komoditas ikan saja. Akan tetapi juga mempelajari mengenai tumbuhan air dan kelestarian lingkungan. Prospek kerjanya adalah bekerja di perusahaan budidaya ikan, wirausaha, PNS dan sebagainya.

5. Filsafat

Jurusan filsafat termasuk jurusan di UGM yang mudah dimasuki karena sepi peminat. Jika Anda yang suka berpikir mendalam yang memerlukan logika berpikir dan logika bahasa jurusan ini cocok untuk Anda. Di Filsafat Anda akan mempelajari cara untuk berpikir logis, kritis,integratif, dan menerapkan ilmunya di masyarakat.

Ilmu filsafat juga mempelajari bagaimana menganalisa teori-teori dengan baik dengan melihatnya dari berbagai sudut pandang. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai peneliti kebudayaan nasional,dosen, penasehat pengarang, bahkan penasehat negara.

6. Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan ini cocok untuk Anda yang menyukai kebudayaan Indonesia. Di Universitas Gajah Mada jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini mempelajari ragam subjek sastra, puisi, linguistik hingga drama.

Prospek kerja dari jurusan ini cukup banyak, Anda bisa menjadi penerjemah, editor, copywriter, content writer, dan penulis naskah, guru/dosen bahkan sutradara.

Itulah 6 daftar Jurusan di UGM yang mudah dimasuki. Apakah Anda tertarik untuk mencoba mendaftarkan diri disalah satu jurusan tersebut? Dan jika kamu tertarik mengikuti program studi PPM UGM, kamu harus ikut BIMBEL IUP PPM UGM.

6 Daftar Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki
Scroll to top