Gunung Wilis

Gunung Wilis termasuk dalam sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Timur. Gunung Wilis memiliki puncak bernama Trogati dengan ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut dan berada di wilayah enam kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ponorogo.

lereng Gunung Wilis pernah dilalui oleh Jenderal Sudirman, sebelum melakukan Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. Pendakian Gunung Wilis dari arah timur melalui Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Selain pendakian melalui Kecamatan Mojo, dapat juga melalui Kecamatan Senen. Jalan ini merupakan jalan alternatif baru yang dibangun oleh pemerintah Kediri dengan luas jalan yang bisa dilalui oleh 2 mobil. Sementara dari arah selatan, dapat melalui jalur dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Namun bila ingin mencapai Gunung Wilis puncak limas dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari bajulan roro kuning dan Jontani di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. ย Puncak tertinggi Gunung Wili juga bisa ditempuh melalui pudak wetan Kabupaten Ponorogo.

Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Erupsi Gunung Wilis tidak dapat diketahui secara pasti, tetapi ada laporan yang menyatakan bahwa erupsi Gunung Wilis mengalami pada tahun 1641 bersamaan dengan erupsi besar Gunung Kelud.

Gunung Wilis
Scroll to top