3 Cara Menghapus Memori WhatsApp yang Penuh

Pemakai WhatsApp wajib tahu bagaimana cara menghapus memori WhatsApp yang penuh. Tujuannya tidak lain yaitu untuk membersihkan memori HP supaya tidak penuh dan mengganggu penggunaan harian.

WhatsApp merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Meta. Aplikasi ini bisa didaftarkan secara mudah, yaitu cukup dengan menggunakan nomor HP. Sehingga tidak heran kalau di Indonesia penggunanya cukup banyak.

Fitur WhatsApp juga sangat banyak. Tampilannya juga mudah dipahami. Namun seiring update dan pemakaian, seperti yang sudah dibilang, memori yang digunakan WhatsApp akan semakin banyak.

Yang jadi masalah adalah ketika memori yang digunakan WhatsApp tersebut mencapai beberapa GB hingga puluhan GB.

Secara otomatis masalah ini akan membuat memori WhatsApp menjadi penuh. Namun tenang saja, kamu bisa mengatasi masalah memori WhatsApp penuh tersebut dengan cara menghapus data-data yang sekiranya tidak diperlukan.

Lalu bagaimana cara menghapus memori WhatsApp yang penuh? Berikut ini akan kami bahas langkah-langkahnya yang dapat diikuti.

Penyebab Memori WhatsApp yang Penuh

Sebelum lanjut ke solusinya, kita bahas dulu penyebab kenapa memori WhatsApp bisa penuh. Yang pertama, memori penuh ini bisa disebabkan karena menumpuknya data file dan video yang ada di WhatsApp.

Data file dan video ini ukurannya variatif tapi umumnya sangat besar. Sebagai gambaran singkat saja, bahkan untuk ukuran pemakaian data memori ini bisa mencapai 3 sampai 8GB.

Jika tidak pernah dibersihkan sama sekali, bukan tidak mungkin kalau penggunaan data dari video, file, gambar atau yang lainnya ini bisa mencapai belasan dan puluhan GB. Admin pribadi pernah sampai 24GB.

Kemudian selanjutnya, memori WhatsApp yang penuh disebabkan karena update. Setiap waktu, WhatsApp selalu memberikan update bagi penggunanya. Mulai dari update tampilan, fitur, penambahan suatu fungsi dan lain-lain.

Update ini bertujuan untuk membuat pengguna menjadi lebih nyaman memakai WhatsApp, serta untuk menyesuaikan WhatsApp dengan kebutuhan pengguna.

Tidak heran WhatsApp versi lama dan WhatsApp versi baru, bisa cukup jauh perbedaan ukurannya dikarenakan update ini.

Cara Membersihkan Memori WhatsApp yang Penuh

Tidak sulit untuk membersihkan memori WhatsApp yang penuh. Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari pembersihan secara manual hingga pembersihan secara otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Hapus Data di Folder WhatsApp Secara Manual

Pertama kamu bisa menghapus data di folder WhatsApp secara manual. Mengapa harus manual? Bukan tanpa alasan, melainkan karena WhatsApp ini termasuk aplikasi yang menyimpan data pribadi, maka untuk menghapus datanya perlu persetujuan user terlebih dahulu.

Kamu bisa membuka aplikasi File Manager, kemudian cari folder DCIM lalu pilih WhatsApp. Di sana kamu akan menemukan beberapa folder lain yang berisi beberapa data seperti foto, video, dokumen dan lain-lain.

Silahkan data-data tersebut kamu pilah dan hapus sesuai dengan kebutuhan. Maka dengan demikian, kalau data-data yang tidak diperlukan sudah terhapus, WhatsApp secara otomatis memorinya akan menjadi kosong kembali.

2. Gunakan Pembersih Otomatis

Di HP terdapat yang namanya cleaner. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan data-data HP secara otomatis, termasuk juga data WhatsApp.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Sebagai contoh di sini karena saya pakai HP Samsung, saya akan menjelaskan cara untuk menjalankan pembersih di HP Samsung. Berikut caranya:

  1. Buka pengaturan HP terlebih dahulu
  2. Kemudian masuk ke pengaturan memori
  3. Pilih Optimalkan sekarang
  4. Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis memori akan menjadi lebih bersih

Sedikit tambahan, dikutip dari halaman โ€œcara menghapus cache HP Samsungโ€ dari situs Uplotify.id, menu pembersih di HP Samsung terutama untuk yang keluaran baru, terdapat di Perawatan Perangkat > Memori.

Kemudian dalam Bahasa Inggris, nama cleaner ini biasa disebut juga sebagai Device Care.

3. Hapus Data WhatsApp

Jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa menghapus data WhatsApp untuk mengkosongkan memorinya dengan menghapus data WhatsApp.

Melalui penghapusan data ini proses pengosongan akan dijalankan secara otomatis. Tapi perlu diingat, nantinya semua data WhatsApp kamu akan hilang, serta kamu harus login ulang lagi WhatsApp.

Penutup

Itulah cara untuk menghapus data WhatsApp untuk mengkosongkan memorinya yang penuh. Semoga bermanfaat.

3 Cara Menghapus Memori WhatsApp yang Penuh
Scroll to top