Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10 Dengan Cepat dan Anti Ribet

Laptop menjadi benda canggih yang biasa digunakan untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, peforma laptop tentu tidak akan sama seperti dulu waktu pertama kali beli. Meskipun kita telah merawatnya dengan sebaik mungkin bak anaknya sendiri, hal ini adakalanya kinerja baterai laptop akan menurun.

Peristiwa ini kadang membuat kita sedikit jengkel karena sebentar-sebentar harus mengisi baterai laptop. Disini terdapat solusi buat anda yang menggunakan laptop windows 10 untuk mengkalibrasi baterai laptop windows 10 dengan cepat dan anti ribet.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows Supaya Hemat Baterai

Laptop windows 10 menjadi salah satu jenis laptop yang terbaik dan paling banyak digunakan di era sekarang. Merawat laptop menjadi sebuah keharusan jika menginginkan laptop bisa tetap awet dan bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Salah satunya adalah dengan cara menjaga baterai agar tetap awet atau setidaknya meminimalisir kebocoran yang terjadi pada baterai. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita bisa mengkalibrasi baterai laptop dengan cara berikut ini:

  1. Menggunakan Cara Manual

Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat akan mengkalibrasi baterai laptop, terutama dengan windows 10. Salah satunya dengan menggunakan cara manual. Sebelum menggunakan cara yang lain maka tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu cara yang manual.

Sebelum melakukan kalibrasi dengan cara yang manual, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengatur laptop anda dalam mode sleep/hibernate/power saving. Setelah itu, Anda menggunakan bisa menggunakan beberapa cara seperti berikut ini, yaitu:

  • Mengisi baterai hingga mencapai 100%. Jika dirasa sudah full maka Anda bisa membiarkan charger tetap terhubung dengan laptop selama beberapa menit saja.
  • Setelah itu, Anda dapat melepaskan charger dari laptop dan kembali membiarkan laptop habis begitu saja tanpa digunakan sampai baterai dalam keadaan kosong dan laptop mati
  • Kemudian ulangi langkah awal dengan mengisikan laptop sampai penuh.
  • Proses kalibrasi manual selesai dan laptop sudah dapat membaca status baterai secara normal.
  1. Dengan BIOS

Jika cara pertama tidak berhasil, anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara kedua yang dapat membantu permasalahan baterai laptop anda yakni dengan menggunakan BIOS pada laptop anda. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut, yaitu:

  • Anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu, kemudian menghidupkan kembali laptop tersebut
  • Setelah itu barulah masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2
  • Apabila sudah masuk dalam ke menu BIOS, maka anda bisa langsung pilih menu “power”.
  • Pilih menu “battery calibration” kemudian tekan enter.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti perintah layar dan mengisi ulang baterai hingga 100%
  • Lepaskan charger dan diamkan begitu saja sampai laptop anda mati
  • Isi ulang sampai 100% lagi
  • Proses kalibrasi selesai
  1. Menggunakan Software dari Pihak Ketiga

Laptop windows 10 memiliki aplikasi software khusus yang mendukung untuk mengkalibrasi baterai. Aplikasi tersebut adalah “smart batery”. Aplikasi ini dapat bekerja dengan sangat baik saat digunakan untuk mengkalibrasi. Supaya  bisa memakai aplikasi ini Anda harus menyiapkan terlebih dahulu uang sebesar USD 14 atau sekitar Rp. 200.000 .

Anda bisa mencobanya dengan menggunakan free trial selama 10 hari. Setekah itu baru memutuskan untuk menggunakan aplikasi berbayar atau tidak. Selain “smart batery” terdapat juga aplikasi software yang sama  yang terdapat dalam windows 10 yaitu “batterycare”. Aplikasi ini lebih sering digunakan untuk mengkosongkan baterai laptop dengan lebih cepat. Kabar gembiranya,  aplikasi ini bisa digunakan secara gratis.

Beberapa rekomendasi mengenai cara untuk melakukan kalibrasi pada Windows 10 dengan mudah. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi, maka Anda bisa mendownload aplikasinya melalui download windows 11 iso official.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10 Dengan Cepat dan Anti Ribet
Scroll to top