Berpetualang ke Pulau Sumatera

Apakah Anda sedang merencanakan ekspedisi Jakarta Sumatera? Jika iya, apakah Anda sudah memikirkan akan melewati daerah mana saja di Pulau Sumatera? Kondisi geografis Pulau Sumatera terdiri dari alam hijau yang masih terjaga dengan baik dan juga berbagai pantainya yang cantik. Tentunya Anda akan mampir ke tempat wisata sembari menjalani ekspedisi.

Menikmati keindahan Pulau Sumatera memang tidak akan ada habisnya. Apalagi kondisi geografis Pulau Sumatera membuat Anda harus lebih ekstra lagi saat mengunjungi tempat wisata alamnya. Cukup banyak tempat wisata di Sumatera yang masih sulit untuk diakses. Namun perjalanan Anda akan terbayar lunas dengan pemandangan yang indah.

Berikut ini beberapa tempat wisata alam yang tersembunyi dan sangat layak untuk dijadikan destinasi berpetualang Anda selama di Pulau Sumatera.

Danau Ranau

Jika Danau Toba sudah dirasa terlalu mainstream, maka ada pilihan lain bagi Anda yaitu Danau Ranau. Danau ini terletak di Sumatera Selatan tepatnya di perbatasan antara Palembang dan Lampung. Danau Ranau memegang peringkat kedua sebagai danau terbesar di Pulau Sumatera. Anda akan menempuh perjalanan selama 8 jam dari Palembang untuk menuju ke sini.

Durasi 8 jam memang merupakan perjalanan yang panjang. Namun sepanjang 8 jam itulah Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam Sumatera yang masih alami dan cantik. Banyak pedesaan dan perkebunan asri yang akan Anda lewati selama perjalanan. Bukan hanya itu saja, namun pemandangan Sungai Musi juga bisa Anda lihat saat menuju Danau Ranau.

Tangkahan

Ekspedisi Jakarta Sumatera Anda tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Tangkahan yang ada di Sumatera Utara. Di sinilah Anda akan merasakan hutan alam yang masih benar-benar alami. Rasakn sensasi suasana alam liar di Tangkahan. Di ekowisata ini Anda juga bisa melihat gajah liar sepanjang perjalanan. Ya, memang Tangkahan adalah habitat bagi gajah ini.

Di Tangkahan terdapat banyak air terjun dan danau, lho. Selain bisa digunakan untuk berenang, Anda juga bisa memandikan gajah liar tersebut di sini. Bahkan gajah tersebut bisa Anda tunggangi juga lho. Selalu melakukan perjalanan di Tangkahan dengan guide agar Anda tidak tersesat di alam liar yang luas ini.

Lembah Harau

Beralih ke Sumatera Barat, terdapat lembah yang digadang-gadag sebagai Yosemite-nya Indonesia yaitu Lembah Harau. Dari Bukittinggi, Anda akan menempuh perjalan selama kurang lebih 1,5 jam untuk menuju Lembah Harau. Sampai di sana Anda akan disuguhkan pemadangan dari lembah terindah yang ada di Indonesia.

Suasana pegunungan hijau, udara segar, dan pemandangan desa yang asri akan Anda dapatkan setelah melewat perjalanan selama 1,5 jam. Ada juga beberapa air terjun yang cantik dan tidak akan mudah dilupakan. Lembah ini juga dikelilingi oleh batu granit berwarna yang semakin menambah kecantikan tempat wisata ini. Kesan dari Lembah Harau akan tertanam di hati Anda.

Kepulauan Mentawai

Masih dari Sumatera Barat, jika Anda ingin menuju tempat wisata yang dekat dengan air atau pantai, maka Kepulauan Mentawai adalah destinasi yang tepat bagi Anda. Pulau Sumatera bukan hanya berisi alam hijaunya, namun wisata airnya juga tidak kalah menarik. Kepulauan Mentawai sangat digemari oleh para peselancar.

Bahkan warga internasional pun juga tertarik untuk mengarungi ombak di Kepulauan Mentawai. Ada tempat surfing yang Bernama Pulau Sipora dan Pulau Awera. Di dua pulau inilah terdapat ombak yang tinggi hingga mencapai tujuh meter. Memang berbahaya namun akan menjadi kepuasan tersendiri bagi para peselancar. Selamat berpetualangan di Pulau Sumatera.

Berpetualang ke Pulau Sumatera
Scroll to top