Pengertian Hari Kiamat

Seperti yang kita tahu bahwa semua yang bernyawa pasti akan mati. Dan tidak ada satupun orang yang mengetahuinya kapan datangnya kematian. Dan pada akhirnya semua orang yang ada di dunia akan mengalami kematian yang sering disebut juga dengan kiamat.

Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam

Dalam agama Islam, kiamat ataupun akhir jaman adalah suatu peristiwa puncak dari kehidupan yang ada di muka bumi. Hal ini berupa hancurnya alam semesta dan isinya termasuk semua manusia dan makhluk lainnya.

Dengan terjadinya kiamat ini maka tak seorang pun akan lolos. Sehingga umat Islam pun wajib untuk meyakini akan datangnya hari kiamat ini. Ini merupakan tanda keimannya pada Allah SWT.

Kiamat juga merupakan awal dari kehidupan yang dilalui oleh manusia. Karena saat ini kehidupan yang sedang kita alami adalah kehidupan fana. Dan diakhiratlah kehidupan yang kekal abadi.

Jenis-Jenis Kiamat

Terdapat dua kiamat yaitu kiamat sugra dan kiamat kubro. Adapun masing-masing pengertiannya adalah sebagai berikut.

  1. Kiamat sugra

Kematian yang terjadi pada sebagian makhluk Allah dinamakan dengan kiamat sugra atau kiamat kecil. Misalnya kematian seseorang karena penyakit, atau terkena bencana alam.

  1. Kiamat kubra

Saat kiamat kubra datang maka seluruh makhluk di bumi akan musnah serta tidak akan ada yang tersisa satupun. Karena besarnya kiamat ini maka seluruh dunia akan hancur tak bersisa.