Fakta Masjid Tertua di Indonesia

Sebagai negara yang mempunyai banyak umat Muslim, tidak heran jika Indonesia mempunyai banyak masjid yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Namun tahukah Anda dimana masjid tertua di Indonesia? Jawabannya adalah Masjid Tua Al Hilal Katangka. Masjid ini terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

 

Mungkin banyak yang terkejut akan fakta bahwa ternyata masjid tertua di Indonesia justru berada di daerah yang penduduk Islamnya tidak sebanyak di daerah lain. Masjid tertua ini memang mempunyai sejarah dalam peradaban Islam di Indonesia. Masjid Katangka dibangun pada tahun 1603, karena itulah masjid ini memegang rekor sebagai masjid paling tua di negara kita.

Masjid ini adalah salah satu banguna vital bagi kerajaan Islam di Gowa pada zaman lampau. Jika Anda mengunjungi masjid ini maka Anda bisa melihat makan raja dan keluarga Kerajaan Gowa pada bagian depan dan belakang masjid.

 

Terdapat sejarah dan makna filosofis dari arsitektur bangunan Masjid Katangka. Hingga saat ini keaslian dari bangunan masjid masih sangat terawatt walaupun Masjid Katangka pernah mengalami renovasi dan pemugaran. Dulunya tanah pada masjid ini adalah tanah liat, namun sekarang semuanya sudah menggunakan keramik.

 

Sejarah masjid ini dimulai saat Sultan Alauddin atau Raja Gowa bertemu dengan rombongan ulama dari Yaman. Ulama tersebut juga membawa tiga ulama dari Minangkabau untuk berunding dengan Raja Gowa agar memeluk agama Islam. Saat Sultan Alauddin menjadi umat Muslin, maka beliau membuat masjid untuk tempat beribadah. Itu dia sejarah dari Masjid Katangka.