Cara Mengganti Background Mozilla Firefox di Laptop

 

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang cukup banyak digunakan. Sekarang browser ini menyediakan fitur untuk pengguna mengganti background atau tampilan browser. Cara mengganti background Mozilla Firefox di perangkat komputer atau laptop sangat mudah.

Browser ini memang menjadi perangkat yang banyak digunakan untuk menelusuri web atau situs di internet. Pengguna yang sering menggunakan Mozilla Firefox dan sudah bosan dengan tampilan default, maka bisa menggantinya. Berikut adalah cara mudah untuk mengganti tampilan browser ini.

Cara Mengganti Background Mozilla Firefox di Laptop dan PC

  1. Buka browser

Hal pertama yang perlu dilakukan tentunya membuka browser Mozilla Firefox di laptop atau komputer. Jika belum memiliki perangkat ini, maka bisa download terlebih dahulu di situs resminya. Browser Mozilla Firefox dapat didownload gratis di perangkat laptop maupun komputer.

Selain untuk download, situs resmi dari Firefox juga menyediakan update terbaru dari browser ini. Jadi untuk pengguna yang masih menggunakan versi lama, bisa melakukan update terlebih dahulu. Setelah itu, bisa menggunakan fitur untuk mengganti background atau tampilan browser.

  1. Masuk ke add-ons and themes

Menu untuk mengganti background atau tampilan browser adalah melalui add-ons and themes. Untuk menemukan menu ini, klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Lebih mudah dengan mengikuti tutorial dengan gambar seperti di Charis.id. Menyajikan berbagai tutorial menarik lengkap dengan screenshot.

Apabila ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan shortcut untuk memunculkan halaman add-ons and themes. Tekan tombol CTRL + Shift + A secara bersamaan. Setelah itu akan muncul halaman dari pengaturan add-ons and themes.

  1. Pilih menu Themes

Pada halaman pengaturan add-ons and themes ada beberapa menu, yaitu Recommendations, Extensions, Themes, dan Plugin. Masing-masing memiliki fungsi untuk fitur browser yang berbeda-beda.

Penggantian background atau tampilan browser adalah melalui menu Themes. Klik menu Themes atau ikon bergambar kuas. Anda akan menemukan 4 pilihan tema bawaan dari Mozilla Firefox.

  1. Memilih tema untuk background

Background dari browser ini bisa diganti dengan 4 pilihan tema bawaan yaitu, system theme, dark, light, dan Firefox Alpenglow, System theme memiliki tampilan browser yang akan menyesuaikan dengan sistem atau tema laptop itu sendiri. Jadi warnanya juga akan menyesuaikan dengan sistem laptop.

Tema dark memiliki tampilan atau background gelap dan tema light memiliki tampilan terang. Sedangkan untuk tema Firefox Alpenglow memiliki tampilan yang lebih segar dengan kombinasi warna merah, merah muda, orange, ungu, dan biru.

Selain dengan tema bawaan, background Mozilla Firefox juga bisa diganti dengan menggunakan gambar sendiri. Caranya mudah dan bisa dilihat di Charis.id yang menyajikan banyak informasi penting seputar komputer dan android. Tutorial lengkap dengan gambar atau screenshot juga disajikan.

Mengganti background browser dengan gambar pribadi bisa melalui menu add-ons. Klik Find More Add-Ons, dan Anda bisa menambahkan gambar atau warna-warna sesuai keinginan untuk background Mozilla Firefox.

  1. Menerapkan background

Setelah mendapatkan background maupun tema yang sesuai, Anda bisa menerapkannya untuk browser Mozilla Firefox. Caranya sangat mudah, cukup klik pilihan Enable dan tema tersebut akan menjadi background baru untuk browser ini.

Itulah beberapa langkah untuk mengubah tampilan atau background browser. Cara mengganti background Mozilla Firefox ini bisa digunakan untuk laptop maupun komputer. Pengguna sebaiknya selalu update browser agar bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru seperti mengubah background ini.