Cara Membuat PowerPoint Menarik Dengan Animasi yang Tepat

Masih cukup banyak yang belum begitu tahu bagaimana cara membuat PowerPoint menarik dengan animasi. Padahal tujuan utama menambahkan animasi pada slide PowerPoint adalah agar untuk menarik perhatian yang melihatnya.

Meskipun demikian, menarik bagi Anda belum tentu menarik bagi orang lain. Oleh sebab itu ketika menambahkan animasi pada PowerPoint, sebaiknya posisikan diri Anda sebagai penonton.

Untuk Anda yang sudah sering membuat presentasi PowerPoint, pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur animasi pada PowerPoint. Selain itu pastinya Anda pun sudah sering menggunakannya. Nah, agar presentasi PowerPoint Anda semakin menarik dengan animasi, neotekno.com akan berbagi tips dan teriknya.

Pilihlah Animasi yang TepatĀ 

Seperti yang sudah Anda ketahui, fitur animasi pada PowerPoint dibagi menjadi empat jenis. Keempat jenis animasi PowerPoint tersebut adalah Entrance, Emphasis, Exit Animation, dan Motion Path Animation.

Nah, cara pertama membuat PowerPoint menarik dengan animasi adalah dengan memilih animasi yang tepat. Tepat dalam artian sesuai dengan tema atau topik yang ada pada slide yang Anda buat.

Sementara itu, untuk menambahkan animasi di PowerPoint terbilang sangat mudah. Dari keempat jenis animasi PowerPoint di atas, Entrance, Emphasis, Exit Animation relatif memiliki cara yang sama, yakni:

  1. Pilih objek yang ingin diberi animasi. Kemudian klik tab Animation >> klik tanda panah ke bawah.
  2. Setelah itu tinggal memilih jenis animasi PowerPoint yang Anda inginkan (misalnya More Entrance Effect). Kemudian pilih Fade lalu klik OK.

Sementara itu, untuk Anda yang ingin memilih Motion Path Animation, ada perbedaan terkait dengan cara menambahkannya. Jika memang seperti itu lalau bagaimana caranya? Untuk menambahkan Motion Path Animation, seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Pilih ojek yang ingin Anda beri animasi. Setelah itu klik tab animations >> klik panah ke bawah. Kemudian scroll sedikit ke bawah lalu pilih Lines.
  2. Setelah Anda memilih Lines, akan muncul sebuah tanda panah. Titik hijau di situ adalah titik awal objek. Sementara titik merah merupakan akhir objek. Lakukan drag di titik merah ke tempat yang diinginkan.

Pilihlah Durasi yang Tepat

Ini adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan betul. Terlebih lagi jika Anda ingin membuat PowerPoint menarik dengan animasi. Animasi yang terlalu lambat maupun terlalu cepat hanya akan mengganggu presentasi PPT Anda.

Nah, untuk mengatur durasi animasi pada PowerPoint, beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Pilih terlebih dahulu objek yang sebelumnya sudah Anda beri animasi.
  2. Setelah itu pilih tab Animations >> Animation Pane (khusus untuk PowerPoint versi 2010 ke atas). Sementara itu untuk jika Anda menggunakan PowerPoint versi 2007, maka pilih tab Animations >> Custom Animation.
  3. Selanjutnya klik kanan pada tulisan objek yang Anda pilih. Kemudian pilih Timing. Setelah itu Anda tinggal memasukkan waktu atau durasi yang diinginkan.

Atur Urutan Animasi dengan Tepat

Cara membuat PowerPoint menarik dengan animasi yang terakhir adalah atur urutan animasi tersebut dengan tepat. Hal ini penting sekali dilakukan utamanya ketika Anda ingin menjelaskan suatu proses secara bertahap. Untuk caranya adalah seperti ini:

  1. Pilih terlebih dahulu objek yang sudah Anda beri animasi. Setelah itu pilih tab Animations.
  2. Pada bagian timing, klik move earlier untuk animasi yang ingin lebih dahulu ditampilkan. Kemudian klik move later untuk animasi yang ingin Anda tampilkan setelahnya.

Itulah tiga point penting yang harus Anda perhatikan betul pada saat menambahkan animasi pada PowerPoint. Semoga ulasan singkat tentang cara membuat PowerPoint menarik dengan animasi ini bisa sedikit membantu.